SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Kamis, 06 September 2018

[Game Level 1 Day 1] Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Assalamualaikum warahmatullah hiwabarkatuh.

Alhamdulillah akhirnya bisa meluangkan waktu untuk belajar lagi. ^^

Kali ini saya ditantang untuk melakukan 10 Hari Komunikasi Produktif di kelas Bunda Sayang Kalimantan Selatan.

Awalnya saya tuh nggak ngeh, apaan sih yang dikerjakan ini? Bikin ceklis kah? Bikin game apa kah? Bikin cerita harian kah? 🤔😁

Untung kebingungan saya tidak berlanjut terlalu lama karena teman-teman di grup memberikan penjelasan tentang pelaksanaan game ini dengan sangat jelas. 

Saya melihat beberapa hasil tulisan dan setelah saya pahami, benar, ini tuh sesuai dengan namanya, tantangan! 😆

Oke, langsung aja kita bercerita tentang komunikasi produktif saya hari ini, ya!

-----

Hari ini ada dua tetangga dekat rumah yang sedang melakukan resepsi perkawinan.

Dari pagi saya tuh udah gatel pengen bantu-bantu (meski nggak tahu pengen bantu apaan). 

Sayangnya kebetulan saya juga lagi diamanahi untuk menjaga anak-anak kakak (Ami, Syifa, Malik) yang sedang dapat jadwal dinas malam di rumah sakit, jadi saya mengalah. Saya tetap tinggal di rumah sementara nenek pergi ke seberang untuk melawat (bantu-bantu).

Ami dan Syifa berangkat ke sekolah pukul 7:22 setelah sarapan. Sementara Syuna dan Malik tetap di rumah bersama saya. 

Setelah mereka mandi dan makan. Tantangan saya pun dimulai, bagaimana caranya agar dua anak aktif ini bisa kalem? 😂

Saya memutuskan untuk memberi mereka screen time 15-20 menit tontonan favorit mereka, Tayo The Little Bus. Sementara saya sarapan sekaligus beberes dapur.

Apakah trik saya langsung berhasil ?
Mereka langsung kalem?

Wah, Nggak!

Keduanya kemudian malah berebut memegang smartphone. Teriakannya saling balas membalas. Kebetulan keduanya lagi kurang fit karena sama-sama sedang batuk, jadi agak lebih mudah rewel. Mamak pun pusing 😅

Hampir saja emosi saya meluap. Untung saya ingat dengan sekilas materi tugas Bunsay.

Apa yang saya lakukan?

💕 Menjaga intonasi dan gunakan suasana ramah.  

Sambil menahan gejolak di dada, saya kemudian mengajak mereka untuk menonton bersama tanpa harus ada yang memegang Smartphone. 

Kebetulan Smartphone saya sudah dilengkapi dengan gurita sehingga bisa menempel ke layar datar seperti kaca, jadi menurut hemat saya seharusnya bisa jadi win-win solution buat mereka. 

Tapi namanya juga anak-anak, mereka masih ngotot untuk memegang Smartphone-nya sendiri. 

💕 Memberi pilihan 

Tidak ingin terpancing, mereka pun saya beri pilihan. Ingin menonton Tayo atau tidak? 

Keduanya mengangguk. 

Saya kemudian menempelkan ke dinding dan kebetulan mereka melihat ada video tentang permainan mobil-mobilan di suggest laman youtube saya. Keduanya sepakat ingin melihat mobil-mobilan saja daripada Tayo. 

💕  Memberi informasi yang singkat dan sederhana 

Supaya nggak terjadi salah paham, saya bilang bahwa mereka boleh nonton satu video ini sambil menunggu uwa-nya datang. 

"Nak, nonton aja didit (mobil) nya dulu. Mama makan dahulu. Uwa sudah di jalan sebentar lagi datang, baik-baik nontonnya"

💕  Menyatakan keinginan

"Anuy baik-baik sama Malik, disayang aja Maliknya. Nanti kalau anuy ganggu Maliknya sedih, peluk aja ya? "

" inggih ma, anuy pintar. Tapi anuy mau wadai buat nonton." jawabnya lagi. 

Alhamdulillah mulai smooth, pertikaian mereda. 

💕 Observasi. 

Selanjutnya saya tinggal mengawasi. Begitu janji menonton video habis, saya bawakan mereka peralatan masak-masakan. 

Baru kemudian saya ambil Smartphone-nya. Supaya nggak terlalu kaget mobil-mobilan favoritnya ilang hahahaha. 

------

Jujur saja, diantara tahapan diatas yang paling sulit itu diawal, yaitu step untuk meredam emosi. Padahal kunci semuanya ada pada SABAR. 

SA-BAR. 

Alhamdulillah sudah terlewati hari ini. Semoga bisa semakin baik



Untuk komunikasi bersama pasangan, saya tidak bisa melakukannya dengan langsung karena kendala LDM. 

Sebagai gantinya, saya bisa chat di Whatsapp dengan suami. Alhamdulillah lancar, segala hal bisa di diskusikan dengan baik. 👌

Tetap semangat ! 

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system