SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Kamis, 13 September 2018

[Game Level 1 Day 8] Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Assalamualaikum warahmatullah hiwabarkatuh.
Hari ini kami berteman dengan ading Aisy. Yeay!
  
Oke, alasan sebenarnya, saya dan mama Ais berencana memeriksakan telinga ading Aisy pagi itu ke poli THT RSUD DS. Namun berhubung dokternya sedang sibuk karena putrinya sakit dan dirawat. Jadi kami menggantinya dengan aktivitas yang lain di tempat nenek.

Apa itu? Yups, bermaiiiin.
Apa lagi? 

Kami bermain lipat-lipat baju, mandi bersama, dan sederet aktivitas lainnya hingga tiba jam makan siang. Ading Aisy dan Nuy berteman baik sekali, Alhamdulillah.

Oh iya, agaknya, jiwa keadilan dalam diri Nuy memang dominan. Jika melihat Ais dipaksa atau kesulitan, dia pasti membantu dengan sigap, bisa dengan baik-baik "sini ding, kaka nuy bantu", atau "Ais tu gak mau diangkat tante! Lepaskaaaaaaaannnn!!!!"

Baiknya, meski tegas, dia sedikit-sedikit tetap mendengarkan nasehat mamaknya.
Misalnya waktu dia berebut susu kotak yang tinggal satu tadi siang. Keadaan sudah memanas karena nggak ada pihak yang mau mengalah.

Pelan-pelan saya coba ngomong... "Nak... Susunya biar mama dulu yang simpan. Nanti kita minum sama-sama, habis susunya ada dua. Nanti adiknya sedih kalau cuma Nuy yg minum".
Meski manyun, dia akhirnya menyerahkan susu kotak itu. Nggak jadi berebut.

Case closed!
Next,
Hari ini saya membaca beberapa artikel parenting dan juga beberapa tips menghadap polah anak usia 3 tahun.

Jadi, sepertinya kegigihan Nuy belakangan memang bukan saya doang yang mengalami. Tapi juga buanyaaaak Ibu-ibu lain di luar sana.

3 tahun. Masa-masa rebel, katanya. Hahaha. Anak sudah bisa memilih apa yang dia mau, tapi dia belum mengerti dan belum bisa menimbang dengan baik akibat positif dan negatifnya, atau baik dan buruk hal yg dipilihnya.

Nah, menurut artikel itu, disini peran kita sebagai ummu madrasatul ula (ibu adalah sekolah pertama) itu. Kita harus bisa memberikan insight tentang dunia, baik-buruk, dan hal lainnya. Termasuk di dalamnya konsep Ketuhanan, tatakrama/kesopanan, pembiasaan hal-hal lain seperti beribadah, adab, dll, ya literally basic2 gitu.

❤️ ❤️ ❤️

#hari8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system