SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Selasa, 11 September 2018

[Game Level 1 Day 6] Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Assalamualaikum warahmatullah hiwabarkatuh.

1 Muharram.
Selamat tahun baru. Hari ini kami cuma bermain di rumah,  bersama kakek dan nenek, acil, paman, dan baby Abd. 

Nuy suka sekali makam buah pisang, dan kebetulan, nenek juga punya stok buah pisang yang banyak di rumah. 

Dapat di tebak, Nuy makan buah pisang buanyak sekali. 

Dia sering kali bertanya dengan saya sebelum mulai makan:

"Ma, boleh makan pisang lah? Bolehkah Nuy buka kulitnya sendiri? "

Semacam pertanyaan yang ingin jawabannya itu iya. Dan jawabannya memang begitu sih, iya, boleh! Hehe

Poin-poin permainan kami hari ini kurang lebih seperti ini penjabarannya:

🍌 Refleksi pengalaman 

Saya sudah memiliki berbagai  pengalaman dengan menangani Nuy. Kalau saya emosional dan agak keras, dia bisa lebih keras dari saya. 

Jadi, hal yang paling bagus untuk Nuy adalah saya lembut, tapi tetap tegas jika ada hal yang tidak boleh dilakukannya. 

🍌 Mengendalikan Emosi

Dalam menjadi lembut dan tegas. Maka sektor emosi harus benar-benar dalam kondisi yang prima. Karena saat tegas, cobaannya banyak euy. Hehe

🍌 Tidak bisa >> bisa! 

Nah, ini saat Nuy membuka kulit pisang. Biasanya dulu itu kan saya yang ngupas, terus, sekarang Nuy yang ngerjainnya. 

Soalnya saya selalu menekankan bahwa: KAMU ITU BISA! 

Kalau dia sedang merajuk dan bilang: 

"Nggak, Nuy nggak bisa... "

Saya tekankan lagi kalau dicoba dulu, baru bilang begitu. 

Biasanya Nuy habis itu akan mencoba (meski biasanya kekeuh nggak Bisa lagi hehe), tapi disana langsung saya bantuin supaya dia bisa. 

Kalau berhasil saya courage lagi:

" TUH KAN, BISA! KAMU ITU BISA"

Harapannya, dia akan selalu berfikir Kalau dia itu bisa. 

🍌 Intonasi suara lembut. 

Yep, seperti yang saya tulis diatas, lembut tapi tegas. Hehe

🍌 KISS! 

Nggak menjelimet, saya pakai kata-kata yang dipahami Nuy saja. 

🍌 Ganti perintah dengan pilihan. 

🍌 Observasi

#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system