SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Jumat, 02 November 2018

[Game Level 3] Family Project Day 1

Bismillahirrahmanirrahiim

Hari ini saya memutuskan untuk memantau emosional Nuy sekaligus memberinya aktivitas untuk melatih konsentrasi. Kebiasaan di rumah nenek memang tidak bisa langsung serta merta saya ubah. Misalnya untuk kebiasaan di gendong, saya perlu waktu untuk mengembalikannya seperti semula; Berjalan berdampingan sambil saling berpegangan tangan.


Untuk Emosional:

Slow but sure, dari pagi menuju malam bisa pelan-pelan kami kembalikan habitsnya. Well, anak-anak memang sepertinya mudah sekali menyerap hal-hal baik ya ^_^

Memang harus pelan dan slooooow karena Nuy anaknya cukup tegas dengan apa yang dia lakukan. Kalau iya, berarti iya, dan kalau tidak, berarti tidak sama sekali. Hal ini tantangan tersendiri karena  saya harus pintar-pintar mengatur emosi agar Nuy bisa menerima hal yang ingin saya ajarkan. Membuat anak tertarik adalah cara paling ampuh, saya sudah buktikan kalau cara memaksa sama sekali tidak menimbulkan efek positif. Alih-alih mau dengan senang hati, anak lebih pada terpaksa.

Jadi saya sering memperhalus kata-kata seperti: "Mandi (pagi-pagi dengan air dingin)" menjadi ajakan main air, cuci badan supaya harum dan bisa pergi ke sekolah (Nuy belum sekolah, tapi kata-kata sekolah efektif jadi pencetus tindakannya karena dia sudah super pengen sekolah ^_^)

Untuk aktivitas: COLORING

Sepertinya masih bisa saya katakan sukses, Meskipun tidak tepat sasaran. Haha

Tidak tepat sasaran? Jadi, ternyata Nuy lebih senang mewarna di subyek tes figural yang sedang saya pelajari dibanding dengan mewarna di buku mewarna yang saya sediakan. Entah lebih tepat disebut dengan mewarna atau mengarsir.

Tapi dia sangat fokus dan tampang senang mengerjakannya, jadi saya rasa itu hal yang baik. hhe

----

Singkatnya itu dahulu, saya belum mennyusun jadwal kegiatan yang akan saya lakukan sampai proyek ini selesai. Akan saya lakukan sambil memantau keadaan terelbih dahulu. Jika aspek yang satu sudah terlihat kemajuan, pasti akan lebih mudah belajar bersama di bidang yang lain.

Semangat!

(PS: Maaf belum bisa insert foto T_T)
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system