SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Minggu, 25 Februari 2018

#NiceHomeWork5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar

Assalamualaikum

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

MY THOUGHTS

Desain pembelajaran adalah segala sesuatu yang menurut saya akan membentuk pola belajar saya kedepannya. Semacam rancangan atau prakiraan cara belajar.

Salah merencanakan bisa jadi artinya akan merencanakan salah. Jadi bagian ini harus saya perhatikan dengan sangat teliti.

Dalam hal ini tentunya saya mesti membaca kembali tugas-tugas NHW yang sudah saya kerjakan minggu-minggu sebelumnya, dan saya dapati NHW 4 adalah fragmen penting dalam desain pembelajaran saya. Untuk saat ini list yang ada di target-target harian saya sebagai Ibu, Istri, dan Perempuan adalah rancangan yang terbaik untuk saat ini.

Lalu, gimana caranya belajar???

Ya, tentunya kerjakan dulu dong, telatenkan diri melakukan rancangan yang sudah dibuat dengan teknik S.M.A.R.T itu sebelumnya, learning by doing. 

Dengan mengerjakannya kita akan tahu apakah rancangan kita sudah pas atau ada bagian yang harus diperbaiki (bisa ditambah ataupun dikurangi), saya orang yang fleksibel dengan perubahan. Tapi teknik ini juga tidak cocok dengan beberapa orang, jadi kembali lagi dengan kepribadian Bunda bagaimana yang paling nyaman ^_^

Oh iya, untuk menjadikan NHW 4 sebagai tolak ukur, tabel yang saya buat di postingan itu sudah saya print.

Jadi sehari-hari saya bisa ngecek lagi, apakah ada bagian yang kurang?
Apakah segala sesuatunya sudah saya kerjakan?
Apakah bagian dalamnya sudah tepat?

Saya masih dalam tahap menghayati dan juga mendisiplinkan diri. Karena terkadang ada hal yang belum saya lakukan sepenuhnya, misalnya ibadah sunnah itu. Tapi sejauh ini saya merasa nyaman dengan tabel NHW 4.

Saya sedang berproses, kan saya Ibu Pembelajar! :)

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system