SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Minggu, 18 Februari 2018

#NiceHomeWork4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Assalamualaikum

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Yep, saya masih ingin memilih untuk menjadi Ibu pembelajar, namun kali ini saya sudah menemukan hal yang sangat ingin saya lakukan saat ini sebagai Ibu dan istri, yakni lebih mendalami ilmu parenting islami. Saya juga berniat untuk menuliskannya, sehingga orang lain yang belum mengetahui hal tersebut bisa membacanya (dan barangkali terinspirasi).

Pokoknya, saya ingin segala yang saya lakukan ada manfaatnya bagi diri sendiri dan juga orang lain ^^

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Berat sekali, ada beberapa poin yang harus saya paksakan diri untuk bisa memenuhi target. Padahal kalau saya pikirkan lagi, waktu saya menulis itu sepertinya kok gampang ya? Hahaha

Tapi tetap tidak semangat, saya berencana untuk nge-print checklist harian saya kemarin untuk ditempel di dinding kamar agar selalu teringat untuk melaksanakannya.


b.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Contoh :
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator

Saya yakin, kehadiran saya di bumi adalah untuk menebarkan manfaat bagi orang lain. Saya bisa menjadi ibu yang baik serta istri yang sholehah bagi suami saya (aamiin).

Dan karena pekerjaan sampingan saya saat ini adalah sebagai blogger dan saya aktif berbagi banyak hal-hal seputar parenting dan juga lifestyle , kadang kala ada beberapa surel yang masuk dari beberapa orang yang mengatakan tulisan saya di blog  itu bermanfaat.

Perasaan saya?

Waah, bukan main senangnya! ^^
Padahal saya apalah-apalah, waktu menulis itu hanya sharing, dan ternyata ada yang merasa tulisan saya bermanfaat, Alhamdulillah. Saya jadi merasa bersemangat.

Sehingga saya bisa simpulkan seperti ini:
Misi Hidup : Memberi informasi bermanfaar dengan orang lain melalui tulisan
Bidang :  parenting, blogging,
Peran : Ibu professional, Mom blogger

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Contoh : Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Untuk bisa menjadi ahli dari bidang yang saya minati, maka saya harus menguasai  beberapa ilmu sebagai berikut :

1. Ilmu Ibu professional: Ilmu-ilmu seputar management (waktu, uang, emosi), Management rumah tangga, Tatacara melayani suami, Ilmu parenting. 

2. Ilmu Agama: Ilmu dunia tanpa ada ilmu agama, jadinya hambar dan sesat. Jadi ilmu agama adalah ilmu yang harus saya kuasai agar saya tidak jadi terlalu ambisius mengejar sesuatu. Terlebih ilmu parenting yang ingin saya pelajari adalah parenting islami

3. Ilmu Journaling & Menulis : Ilmu yang satu ini pastinya bermanfaat agar checklist harian saya di NHW 3 sukses. Sedangkan ilmu menulis saya perlukan agar tulisan di blog saya lebih terarah dan lebih bermakna lugas. Mengingat saya orangnya senang ngalor-ngidul. hihi... ^^
4. Ilmu produktif. Pokoknya harus selalu menghasilkan sesuatu. Semangaaattt...

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha

Waaah, sebentar, ini menarik sekali, tidak pernah saya pikirkan sebelumnya!

Oke, jadi saya menetapkan KM 0 pada usia 23 th (2018). 

Saya HARUS mendedikasikan waktu saya sebanyak 4 jam dalam 24 jam untuk untuk mencari ilmu, mempraktekkan dan menuliskannya. 

Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. Milestone yang saya tetapkan adalah sbb :

KM 0 – KM 1 (tahun 1, 2018) : Menguasai Ilmu journaling dan juga writing, waktu 4 jam saya pakai untuk belajar seputar menulis dan membuat konten yang bagus, saya juga harus belajar ilmu agama pelan-pelan misalnya dengan melancarkan hafalan juz 30 saya kembali. 

KM 1 – KM 2 (tahun 2, 2019) : Menguasai Ilmu Agama, dengan harapan sholat 5 waktu saya tidak ada yang bolong lagi, sholat sunnah saya juga bisa disiplin, bacaan saya kembali bagus, bisa mengajari anak juga.
KM 2 – KM 3 (tahun 3, 2020) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif. Hal yang sudah saya pelajari dan saya rencanakan harus saya laksakan dengan disiplin, pokoknya menjadi lebih produktif ^_^
KM 3 – KM 4 (tahun 4, 2021) : Menguasai Ilmu Ibu Professional. Yeay!

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Akan segera saya koreksi ^^
f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Harus, harus, harus!

Saya harus segera melepaskan gelar miss procrastination yang berselempang di badan saya sekarang juga!

Lewat tulisan ini saya jadi diajak banyak berpikir tentang visi dan misi.

Tak sabar untuk segera bisa memulainya.

Bismillahirohmanirohim.. InsyaAllah BISA!

Salam Ibu Profesional,

Siti Zulaeha

Malang, 19 Februari 2018

/Tim Matrikulasi IIP/
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system