SYUNAHOME~ Belajar Jadi Ibu ❤️

Anggota Institut Ibu Professional (IIP) Kalimantan Selatan

Minggu, 04 Maret 2018

#NiceHomeWork6 Belajar Jadi Manager Keluarga Handal

Assalamualaikum

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal. Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu RUTINITAS. Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita “Merasa Sibuk”, sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

AKTIVITAS PALING PENTING
1. Beribadah
2. Menemani suami serta anak Bermain.
3. Melakukan pekerjaan rumah tangga dan menulis.

PALING TIDAK PENTING:
1. Main gadget. Membuka sosial media, googling gosip atau hal yang tidak ada kaitannya dengan bahan tulisan dan upgrade ilmu.
2. Terlalu banyak mengistirahatkan diri atau bersantai.
3. Membaca buku yang tidak ada manfaatnya atau tiba-tiba melihat-lihat gudang dan sok-sokan mau bersih-bersih disana, padahal ada aktivitas yang lebih penting lagi.


Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

JAWAB:
Terkadang malah ke hal-hal yang nggak penting. Sedih ya...

Planning selalu ada, tapi seringkali terdistraksi ke sesuatu yang nggak penting bangettt! :(

Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

JAWAB:
1. Memperbaiki ibadah, Menemani anak lebih banyak, mengurangi campur tangan gadget.
2. Rutin menulis dan juga belajar.
3. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

Saya setting adzan di hape, jadi saya bisa mendengar adzan tepat waktunya

Membersihkan rumah pagi hari.
Memasak serta pekerjaan rumah tangga yang lainnya juga saya kerjakan pada pagi hari sekitar jam 05.00 WIB sampai dengan jam 07:30 WIB

Santai dan aktivitas ringan sambil menemani anak.

Lanjut lagi jam 12.30 WIB sampai 14.30 WIB untuk aktivitas harian yang lainnya.

Selanjutnya aktivitas ringan seperti memasak, mandi, sholat, dll

Menulis dan browsing pelajaran saya lakukan malam hari saat anak sudah tertidur. Sekitar jam 18.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB

Saya berencana untuk tidur pukul 21.00 WIB, paling lambat pukul 00.00 WIB

Jika ada deadline pekerjaan jadwal bisa fleksibel tapi dipastikan agar ketiga hal yang jadi fokus utama tidak terabaikan.

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Siap!

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai. sehingga muncul program 7 to 7)

Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

Siap, Insha Allah akan segera dimulai. Sudah komunikasi dengan suami dan insya Allah akan diingatkan beliau jika ada yang melenceng dari rencana :)


2 komentar on "#NiceHomeWork6 Belajar Jadi Manager Keluarga Handal"

Disqus Shortname

Comments system